Rabu, 15 April 2015

PENGAMBILAN SEL DARAH MERAH DAN PUTIH PADA IKAN AIR TAWAR

PERTANIAN.jpgLaporan Praktikum ke-5
Kamis, 05 Desember 2013


PENGAMBILAN SEL DARAH MERAH DAN PUTIH PADA IKAN AIR TAWAR


Oleh :
Deni Saputra
4443110373

Asisten
Iin inayah
Muhlisoh
Rizky kartika
Dian
Ida hadijah



JURUSAN PERIKANAN
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
2013

                                                                                            
ABSTRAK
Darah adalah suatu jaringan tubuh yang terdapat di dalam pembuluh darah yang warnannya merah. Adapun prosedur kerja pada praktikum ini yaitu Adapun prosedur kerja pada praktikum ini yaitu pertam siapkan ikan terlebih dahulu yang masih hidup, ambil darah pada ikan dengan menggunakan jarum suntik, setelah itu darah yang sudah dihisap disimpan dipipet, selanjutnya dihisap dengan menggunakan alat haemocytometer sampai sakal yang ditentukan selanjutnya tambahkan larutan hayem’s selanjutnya bentuk selang pipet menjadi angka 8 dan diayunkanselama 3-5 menit sehingga darah tercampur, setelah selesai  buang dua tetes pertama kepiper glas dan amati di microskop.
Kata kunci : Darah, Haemometeran, microskop
PENDAHULUAN
Latar belakang
Darah yang banyak mengandung karbon diogsida warnanya merah tua. Adanya oksigen dalam darah di ambil dengan cara bernapas, dan zat tersebut sangat berguna pada peristiwa pembakaran/ metabolisme di dalam tubuh. Darah selamanya beredar di dalam tubuh oleh karena adanya kerja atau pompa jantung. Selama darah beredar dalam pembuluh maka darah akan tetap encer, tetapi kalau ia keluar dari pembuluhnya maka ia akan menjadi beku. Pembekuan ini dapat dicegah dengan jalan mencampurkan ke dalam darah tersebut sedikit obat anti- pembekuan/ sitrus natrikus.

Tujuan
Praktikum ini bertujuan untuk mengetahui jumlah sel darah merah dan sel darah putihyang terdapat pada ikan mas

TINJAUAN PUSTAKA     
Sel darah merah
`Sel darah merah (eritrosit) bentuknya seperti cakram/ bikonkaf dan tidak mempunyai inti. Ukuran diameter kira-kira 7,7 unit (0,007 mm), tidak dapat bergerak. Banyaknya kira–kira 5 juta dalam 1 mm3 (41/2 juta). Hb tadi akan bersenyawa dengan karbon dioksida dan disebut karbon dioksida hemoglobin (Hb + karbon dioksida Hb-karbon dioksida) yang mana karbon dioksida tersebut akan dikeluarkan di paru-paru.
Sel darah merah (eritrosit) diproduksi di dalam sumsum tulang merah, limpa dan hati. Proses pembentukannya dalam sumsum tulang melalui beberapa tahap. Mula-mula besar dan berisi nukleus dan tidak berisi hemoglobin kemudian dimuati hemoglobin dan akhirnya kehilangan nukleusnya dan siap diedarkan dalam sirkulasi darah yang kemudian akan beredar di dalam tubuh selama kebih kurang 114 – 115 hari, setelah itu akan mati.



Sel darah putih
Sel leukosit disamping berada di dalam pembuluh darah juga terdapat di seluruh jaringan tubuh manusia. Pada kebanyakan penyakit disebabkan oleh masuknya kuman / infeksi maka jumlah leukosit yang ada di dalam darah akan lebih banyak dari biasanya. Hal ini disebabkan sel leukosit yang biasanya tinggal di dalam kelenjar limfe, sekarang beredar dalam darah untuk mempertahankan tubuh dari serangan penyakit tersebut.
Ikan Mas
Ikan mas termasuk famili Cyprinidae yang mempunyai ciri-ciri umum, badan ikan mas berbentuk memanjang dan sedikit pipih ke samping (Compresed) dan mulutnya terletak di ujung tengah (terminal), dan dapat di sembulka, di bagian mulut di hiasi dua pasang sungut, yang kadang-kadang satu pasang di antaranya kurang sempurna dan warna badan sangat beragam. Selain itu system alat pencernaan ikan mas secara umum terdiri atas saluran pencernaan.

Ikan memiliki klasifikasi sebagai berikut :
Filum : Chordata
Kelas : Pisces
Ordo : Ostariophysi
Famili : Cyprinidae
Genus : Cyprinus
Species : (Cyprinus carpio L )

METODOLOGI
Waktu dan tempat
Praktikum kesehatan ikan pengambilan sel darah merah dan putih  pada ikan iar tawar dilaksanakan pukul 01.00 wib kamis 5 desember 2013 bertempat  di laboratorium TPHP jurusan perikanan fakultas pertanian universitas sultan ageng tirtayasa
Alat dan bahan
Alat dan bahan yang digunakan pada praktikum ini yaitu terdiri dari alat microskop elektrik, jarum suntik, computer dan haemocitometer adapun bahan yaitu anti koagulan, ikan mas dan larutan hayem.
Prosedur kerja
Adapun prosedur kerja pada praktikum ini yaitu pertam siapkan ikan terlebih dahulu yang masih hidup, ambil darah pada ikan dengan menggunakan jarum suntik, setelah itu darah yang sudah dihisap disimpan dipipet, selanjutnya dihisap dengan menggunakan alat haemocytometer sampai sakal yang ditentukan selanjutnya tambahkan larutan hayem’s selanjutnya bentuk selang pipet menjadi angka 8 dan diayunkanselama 3-5 menit sehingga darah tercampur, setelah selesai  buang dua tetes pertama kepiper glas dan amati di microskop.

HASIL DAN PEMBAHASAN
Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan, diperoleh data mengenai jumlah sel darah merah(176 sel/mm3 darah) nilai hematokrit (%) konsentrasi haemoglobin (gr%) jumlah sel darah putih total (176 sel/mm3 darah) dan masing-masing jenis sel darah putih. Tingginya eritrosit dalam darah ikan diduga karena ikan dalam keadaan stress. Berdasarkan hasil pengamatan menunjuakn bahwa nilai hematookrit ikan berada dalam nilai normal.
KESIMPULAN
            Dari hasil dan pembahasan menunjukan bahwa erit rosit pada ikan mas yang di mabil sampel darah merahnya yaitu (176 sel/mm3)   
SARAN
          Pada praktikum tentang pengambilan sel darah merah dan sel darah putih pada ikan tawar ini harus lebih efektif lagi dalam praktikum, keseriusan dalam praktikum harus terbiasa. Selalu jaga kebersihan dalam laboratorium.
DAFTAR PUSTAKA
Affandi R dan Tang UM. 2002. Fisiologi Hewan Air. Riau: Uni press.
Alifuddin M. 1993. Diagnose Penyakit Ikan (Cara Pemeriksaan Penyakit Ikan).
Bogor: Fakultas Perikanan IPB.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar