Rabu, 15 April 2015

LAPORAN RUMPUT LAUT

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Indonesia mempunyai perairan laut yang lebih luas dari pada daratan, oleh karena itu Indonesia di kenal sebagai negara maritim. Perairan laut Indonesia kaya akan berbagai biota laut baik flora maupun fauna. Demikian luas serta keragaman jasad– jasad hidup di dalam yang kesemuanya membentuk dinamika kehidupan di laut yang saling berkesinambungan. (Supriadi, 2000).
Pada tahun belakangan ini, perhatian terhadap biota laut semakin meningkat dengan munculnya kesadaran dan minat setiap lapisan masyarakat akan pentingnya lautan. Menurut Bengen (2001) laut sebagai penyedia sumber daya alam yang produktif baik sebagai sumber pangan, tambang mineral, dan energi, media komunikasi maupun kawasan rekreasi atau pariwisata. Karena itu wilayah pesisir dan lautan merupakan tumpuan harapan manusia dalam pemenuhan kebutuhan di masa datang.
Rumput laut (seaweed) secara biologi termasuk salah satu anggota alga yang merupakan tumbuhan berklorofil. Rumput laut terdiri dari satu atau banyak sel, berbentuk koloni, hidupnya bersifat bentik di daerah perairan yang dangkal, berpasir, berlumpur atau berpasir dan berlumpur, daerah pasut, jernih dan biasanya menempel pada karang mati, potongan kerang dan subtrat yang keras lainnya. Rumput laut bagi masyarakat yang tinggal di sekitar pantai bukanlah barang yang baru lagi. Mereka telah mengenal dan memanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai bahan obat tradisional dan bahan makanan. Dengan demikian berarti rumput laut mempunyai suatu bahan yang dapat dimanfaatkan orang untuk kesehatannya. Dan dengan kemajuan teknologi dibidang penelitian rumput laut, maka pemafaatan rumput laut bagi manusia tidak terbatas pada aspek kesehatan, sudah menjalar kesegala bidang. (Indiarni dan Sumiarsih, 1992).

1.2. Tujuan
Adapun tujuan dilakukannya observasi lapangan ini, yaitu
1. Untuk mengetahui bagaimana teknik budidaya rumput laut jenis eucheuma cotonii di desa Lontar.
2.  Untuk mengetahui potensi rumput laut jenis eucheuma cotonii di desa Lontar.



























BAB 2
TINJAUAN PUSTAKA

2.1. Deskripsi Rumput Laut Eucheuma cottonii
Dalam dunia tumbuh-tumbuhan sistematika rumput laut Eucheuma cottonii adalah sebagai berikut :
Kingdom : Plantae               
Divisi : Rhodophyta
Kelas : Rhodophyceae
Ordo : Gigartinales
Famili : Solieracea
Genus : Eucheuma
Species : Eucheuma cottonii
(Anonim, 2009).
Morfologi Rumput Laut Eucheuma cottonii
Ciri fisik Eucheuma cottonii adalah mempunyai thallus silindris, permukaan licin, cartilogeneus. Keadaan warna tidak selalu tetap, kadang-kadang berwarna hijau, hijau kuning, abu-abu atau merah. Perubahan warna sering terjadi hanya karena faktor lingkungan. Kejadian ini merupakan suatu proses adaptasi kromatik yaitu penyesuaian antara proporsi pigmen dengan berbagai kualitas pencahayaan. Penampakan thalli bervariasi mulai dari bentuk sederhana sampai kompleks. Duri-duri pada thallus runcing memanjang, agak jarang-jarang dan tidak bersusun melingkari thallus. Percabangan ke berbagai arah dengan batang-batang utama keluar saling berdekatan ke daerah basal (pangkal). Tumbuh melekat ke substrat dengan alat perekat berupa cakram. Cabang-cabang pertama dan kedua tumbuh dengan membentuk rumpun yang rimbun dengan ciri khusus mengarah ke arah datangnya sinar matahari (Aslan, 1998).


Kandungan dan manfaat Eucheuma cottonii
1.kandungan
sebagai sumber gizi rumput laut memiliki kandungan karbohidrat  ( gula vegetable gum ) protein, tepung karaginan, dan sedikit kandungan lemak.
2. manfaat
manfaatnya rumput laut adalah  :
1. pembentukan gel
2. sebagai bahan pengental
3.pengentrolan tekstur dan kelembapan.
4. Bahan baku farmasi
Sebaran Rumput Eucheuma cottonii
            Rumput Laut atau alga tumbuh hampir diseluruh bagian hidrofis sampai batas kedalaman sinar matahari masih dapat mencapainya beberapa jenis Rumput Laut hidupnya kosmopolit,mendunia. Rumput Laut hidup sebagai fitobentho dengan menancapkan dirinya pada subtrat lumpur,pasir dan seterusnya. Perkembangan Rumput Laut pada dasarnya ada dua macam,yaitu secara kawin(generatif) antara gamet jantan dengan gamet betina dan secara tidak kawin vegetatif,konjugatif dan peresponan.
Habitat Rumput Laut Eucheuma cottonii
Habitat rumpat laut adalah di sekitar pantai, di perairan laut serta di dalam laut. Ini termasuk juga kawasan yang berpasir, berbatu karang, berlumpur dan juga terdapat pada kulit kerang, pada kayu, pukat serta tumbuh atas rumputi laut lain sebagai epifit (Trainor, 1978). Substrat adalah tempat untuk rumput laut melekat daripada dihanyutkan oleh arus serta ombak yang kuat. Substrat terdiri dari benda hidup atau bukan hidup bergantung kepada jenis pelekap rumput laut. Contoh substrat ialah batu karang, tumbuhan laut, hewan laut atau dasar laut seperti lumpur dan pasir.

Menurut Setchell (1926), rumput laut boleh tumbuh di atas batu (epilit), di dalam batu (endolit), di atas tumbuhan (epifit), di dalam tumbuhan (endofit), di atas hewan (epizoik), di dalam hewan (endozoik) atau di atas lumpur (pelopil). Taburan rumput laut di sesuatu habitat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Di antara faktor-faktor tersebut ialah cahaya, suhu, saliniti, interaksi di antara hewan dan tumbuhan serta ombak dan arus (Trainor, 1997).

2.2. Budidaya Eucheuma cottonii
Persyaratan perairan untuk budidaya eucheuma cottonii
Parameter kualitas air
Keberhasilan budidaya rumput laut sangatlah di tentukan oleh parameter fisik perairan dan penentua lokasi ,ada beberapa syarat dalam menentukan lokasi budidaya :
Ø   Salinitas air berkisar antara 12  - 30   dan yang ideal sekitar 15  - 25 .
Ø   Suhu air berkisar antara 180o-300oC dan yang ideal sekitar 200o-250oC.
Ø   pH air dalam tambak berkisar antara 6-9 dan yang ideal sekitar 6,8-8,2.
Ø   Air tidak mengandung lumpur sehingga kekeruhan (turbidity) air masih memungkinkan bagi tanaman untuk menerima sinar matahari.
Sistem Budidaya Rumput Laut
Dalam perkembangannya teknik budidaya rumput laut E cottonii. di masing-masing daerah oleh masyarakat disesuaikan dengan kebiasaan dan kondisi lokasi tersebut.
Secara umum teknik budidaya rumput laut E cottonii. terdiri dari dua sistem yaitu sistem lepas dasar dan sistem dasar (tebar). Sistem yang sering digunakan yaitu sistem tebar karena prosesnya lebih cepat dan tidak memerlukan alat/bahan yang sulit serta lebih ekonomis, rumput laut cukup ditebar di area tambak, yang perlu dilakukan oleh pembudidaya yaitu memperhatikan sirkulasi air dalam tambak. Dalam perkembangannya sistem ini telah berkembang lagi menjadi beberapa metode, yaitu sistem apung, sistem rakit apung dan sistem jalur.
1.             Sistem Dasar (Tebar)
Tahap awal yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan budidaya E cottonii dengan sistem dasar dalam tambak, antara lain adalah keadaaan tambak yang akan digunakan (termasuk dasar tambak sebagai substrat), kualitas air dalam tambak dan sekitarnya, serta bibit tanaman bagus, baik jenis dan kualitasnya.
2.             Sistem Lepas Dasar (Patok)
Metode ini merupakan perbaikan dari metode sebelumnya. Dimana pada daerah yang telah ditetapkan (lokasi budidaya) dipasang patok-patok secara teratur berjarak antara 50–100 cm. Pada sisi yang berlawanan dengan jarak 50–100 m juga diberi patok dengan jarak yang sama. Satu patok dengan patok lainnya dihubungkan dengan tali jalur yang telah berisi rumput laut tersebut. Pada jarak 3 meter diberi pelampung kecil yang berfungsi untuk menggerakan tali tersebut setiap saat agar tanaman bebas dari lumpur (adanya sedimentasi).
Penanaman rumput laut dengan metode lepas dasar bersusun dua dilakukan dengan cara pemasangan patok-patok (tiang kayu) pada dasar perairan dengan ketinggian sekitar 100 cm dari dasar perairan. Tali utama direntangkan diantara dua patok pada ketinggian pengikatan sekitar 30 cm di atas dasar perairan (susun pertama) dan juga 30 cm dari susun pertama direntangkan tali utama (susun kedua). Tali ris direntangkan pada tali utama dengan jarak antara tali ris sekitar 25–50 cm sehingga jarak tanam antar ikatan tidak kurang dari 25 cm.
3.             Sistem Rakit Apung
Metode ini sering disebut metode rakit kotak, dibentuk dari empat buah bambu yang dirakit sehingga berbentuk persegi panjang dengan ukuran 2,5-4 x 5-8 m. Pada rakit tersebut dipasang tali pengikat rumput laut secara membujur dengan jarak 30 cm kemudian rumput laut (bibit) diikat pada tali tersebut. Berat bibit yang digunakan berkisar antara 50-100 gram. Setelah rumput diikat maka rakit tersebut ditarik dan ditempatkan pada lokasi yang telah ditetapkan dengan menggunakan dua buah jangkar pada kedua ujung rakit tersebut dengan kedalaman perairan berkisar antara 0,5–10 meter.




4.             Sistem Apung (Metode Long Line)
Konstruksi metode ini semuanya terbuat dari tali PE. Adapun teknik pembuatan konstruksinya sebagai berikut :
a.              Menyiapkan tali PE Ø 10 mm sebagai tali jangkar. Kedua ujung tali tersebut dihubungkan kemudian dirancang hingga berbentuk persegi panjang berukuran 100 x 30 m. Pada keempat sudut dilengkapi dengan empat buah pelampung yang berfungsi mempertahakan konstruksi agar tetap berada pada permukaan air.
b.             Agar konstruksi tersebut tetap pada posisi yang diharapkan maka pada keempat sudut yang sama diikatkan tali PE Ø 8 mm sebagai tali jangkar yang dilengkapi dengan enam buah jangkar.
c.              Setelah selesai menyiapkan konstruksi maka tahap berikutnya adalah menyiapkan tali jalur yang terbuat dari tali PE Ø 4 mm. Tali tersebut dipotong 30 m sesuai dengan panjang konstruksi.
d.             Pada satu tali jalur dipasang 120 tali PE Ø 2 mm coban (tali titik) berjarak 25 cm yang berfungsi sebagai tempat mengikat bibit yang akan digunakan. Bibit yang digunakan adalah tanaman muda dari hasil budidaya.
e.              Sebelum diikat bibit tersebut dipotong agar ukurannya sesuai dengan bobot yang dikehendaki. Untuk mengetahui perkembangan tanaman, ditentukan beberapa sampel dengan berat rata-rata 100 gram kemudian setiap minggu dilakukan penimbangan sampel tersebut.
5.                      Sistem Jalur (Metode Kombinasi)

Metode ini merupakan kombinasi antara metode rakit dan metode long line. Kerangka metode ini terbuat dari bambu yang disusun sejajar, pada kedua ujung setiap bambu dihubungkan dengan tali PE Ø 8 mm sehingga membentuk persegi panjang dengan ukuran 5x7 m. perpetak. Satu unit metode ini terdiri dari 7–8 petak dan pada kedua ujung setiap unit diberi jangkar. Kegiatan penanaman diawali dengan mengikat bibit rumput laut ke tali jalur yang telah dilengkapi tali PE Ø 2 mm. Setelah bibit diikat pada tali jalur maka tali jalur tersebut dipasang pada kerangka yang telah tersedia dengan jarak tanam yang digunakan minimal 25x30 cm.
Hama Pada Saat Budidaya Rumput Laut Eucheuma cotonii
 Organisme Pengganggu; Lokasi budidaya diusahakan pada perairan yang tidak banyak terdapat organisme pengganggu misalnya ikan beronang, bintang laut, bulu babi dan penyu serta tanaman penempel.
Teknik panen Rumput Laut Eucheuma cotonii
1. Pemanenan       
Rumput laut yang sudah siap panen yang dibudidayakan dengan metode rumpon (tali), dipanen dengan cara menarik rumpon ke pinggir pantai. Rumput laut dilepas dari ikatannya, dipetik pucuknya untuk ditanam kembali, diikat lagi pada rumpon sebagai tanaman baru. Umur panen yang optimum adalah 40-45 hari, hal ini sangat disarankan karena pada umur tanaman tersebut kandungan karagenannya sangat optimum.
2. Pencucian dan Perendaman       
Pemanenan sebaiknya dilakukan mulai siang hari. Hasil panen dicuci air laut untuk menghilangkan kotoran yang melekat seperti  lumpur, garam, dan lain lain, sehingga rumput laut menjadi bersih. Selanjutnya rumput laut langsung direndam larutan alkali KOH 0,1% sampai terendam dan dibiarkan kontak dengan alkali semalaman. Tujuan perendaman dengan menggunakan larutan alkali adalah untuk mendapatkan karagenan yang maksimal. Tahapan selanjutnya pagi harinya rumput laut  diangkat dan dicuci dengan air tawar sampai bersih dan netral.
2.3 Pasca Panen dan Pengolahan Eucheuma cotonii
1. Pengeringan dan Sortasi       
Rumput laut yang sudah netral dikeringkan dengan penjemuran, dapat dilakukan disekitar pantai sampai mencapai kekeringan tertentu (optimum) biasanya 20-30%. Alas pengering yang sederhanan adalah dengan bahan plastik, agar cepat kering dan lebih bersih, dapat pula dengan pengeringan solar yang dipadu kompor.dan untuk menjaga mutu pengeringan harus dikeringkan diatas para para. 


2.Pengayakan
Setelah proses pengeringan, pekerjaan dilanjutka dengan tahap pengolahan berikutnya, yaitu pengayak cu Tahap ini bertujuan untuk memisahkan kotoran yan berupa pasir yang masih menempel. Proses air dikerjakan dengan menggunakan mesin pengayak
3.Pengepresan
           Proses pengolahan terakhir sebelum rumput laut dikirim ke luar negeri adalah pengepresan yaitu dalarr bentuk briket. Pada saat pengepresan disemprotkan KelI yang berkomposisi kalium, soda, yodium dengar konsentrasi 0,5%. Alat pengepres rakitan
4. Pengemasan dan Penyimpanan            
Setelah rumput laut kering dilakukan pengemasan dengan karung net atau plastik. Untuk lebih efisien tempat rumput laut kering dapat dipress (cetak) menjadi bentuk kotak-kotak padat per Kg atau 5 kg sehingga pengemasan selanjutnya menjadi lebih efisien dalam kotak-kotak kayu.dan dijaga agar sirkulasi udara baik. Hal ini disebabkan apabila sirkulasi udara dalam ruangan dan kemasan tidak baik, maka akan terjadi proses fermentasi , rumput laut menjadi apek dan timbul kapang/jamur. Yang akibatnya akan menurunkan mutu rumput laut.
Bentuk – bentuk pengolahan Rumput Laut Echeuma cotonii
1.      Dodol rumput laut
2.      Manisan rumput laut
3.      Kerupuk pangsit rumput laut









BAB 3
METODOLOGI

3.1 Waktu dan Tempat
            Adapun fieldtrip mata kuliah komoditas dan penanganan hasil perairan ini di laksanakan di Desa Lontar Serang Banten, pada tanggal 08 Desember 2012, pada pukul 08.00 sampai dengan selesai.
3.2 Metode Pengumpulan Data
            Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara wawancara kepada para petani rumput laut, yaitu kepada bapak Asmawi, dan sedangkan untuk mencari data seperti Ph, DO,suhu, Salinitas, Arus, dan Kecerahan,yaitu dengan cara turun langsung ke perairan.
3.3 Prosedur Kerja            
Pada saat di lapangan, dalam satu kelompok di bagi ke dalam dua kubu, kubu yang pertama, yaitu mencari data atau mewawancarai para petani rumput laut, sedagkan untuk kubu yang kedua, yaitu terjun langsung ke perairan untuk mengukur antaralain :
1. Suhu
Memasukan ujung termometer kedalam perairan, menunggu kurang lebih 3 menit, dan mencatat nilai suhu yang ditunjukan pada thermometer.
2.      pH
Menyambungkan kabel kedalam port on/off untuk menyalakan, menunggu sampai stabil (bunyi dan tanda bunyi disebelah kiri dibawah layar) sebelum melakukan pengukuran melakukan terlebih dahulu kalibrasi (menggunakan 2-3 larutan buffer, tekan cal untuk permintaan kalibrasi, memilas electrode dengan aquades,  mencelupkan electrode dengan buffer, menekan read/enter menunggu beberapa saat hingga stabil) untuk pengukuran, mengambil samplel air memasukan electrode (hanya sensor elekrodenya).
3.      Salinitas
Menyiapkan alat, penutup dibuka tempat diteteskan air, melakukan kalibrasi terlebih dahulu (ditetesi aquades, kemudian dilap dengan tisu), meneteskan air pada tempat diteteskannya sampel air, menutup kembali penutupnya, melihat hasilnya melalui teropong pada pangkal alat (memastikan cahaya cukup terang).
4.      Kecerahan
Secchidisk diturunkan perlahan di perairan, catat kedalaman saat sechidisk tidak terlihat, tarik perlahan sechidisk hingga terlihat kembali, kemudian mencatat hasilnya.
5.      Kecepatan Arus
Meletakan transek pada permukaan perairan, melepaskan bola pingpong dari  ujung transek, kemudian mencatat waktu yang dibutuhkan bola pingpong untuk sampai ke ujung transek yang lain.











BAB 4
HASIL DAN PEMBAHASAN

4.1 Hasil
a. Wawancara
            Bapak Asmawi adalah pembudidaya rumput laut, pada tahun 2009 adalah awal pembudidayaan rumput laut di daerah lontar kabupaten serang. Adanya penyuluhan dari dinas kelautan dan perikanan pada masyarakat di lontar maka adanya pemberdayaan masyarakat untuk membudidayakan rumput laut di daerah lontar. Hampir seluruh keluarga menjadi pembudidaya rumput laut. Adapun jenis rumput laut yang dibudidayakan adalah jenis rumput laut Euchema cottonii.
            Setelah dilakukannya observasi oleh pihak dinas kelautan dan perikanan maka untuk biaya-biaya di tanggung oleh pemerintah.para petani rumput laut sebagai pembudidaya dan memproduksi rumput laut yang telah diberi pengarahan terlebih dahulu sebelum melakukan budidaya d lahan budidaya.
 Sebelum dilakukan penanaman rumput laut dilakukan survai dan observasi perairan terlebih dahulu maka di dapat suhu : 31ºC dengan pH 8,06 dan salinitas 25,5 º/00, untuk kecerahan untuk bisa budidaya berkisr 60 dengan arus yang tidak begitu kencang dan bergelombang tinggi karena akan merusak tanaman rumput laut yang masih kecil. Untuk budidaya rumput laut perairan yang bagus adalah perairan yang tenang. Untuk kedalaman sekitar 8,72 cm dan DO 7,77 ppm.
Para nelayan biasanya menggunakan bibit yang bagus sebanyak 1 kg sama dengan 1 ton untuk 1 ikat atau 1 ikat dapat dijadiakan 5 bibit.
peralatann budidaya tidaklah sulit yang paling utama digunakan dan dibutuhkan adalah bambu dan benang serta tambang sebagai pengikat bibit rumput laut tambah pak Asmawi.
Untuk pembibitan selama 25 hari penanaman, rumput laut yang yang layak menjadi bibit adalah runcing tidak kasar/halus. Untuk penanaman lebih dari 25 hari tidak dapat dijadikan sebagai bibit. Adapun metode yang dugunakan dalam penanaman rumput laut adalah metode Longline yaitu menggunakan bambu dan tali yang panjang dan metode Apung yaitu menggunakan pelampung yaitu berupa kompan-kompan besar.
            Peralatan untuk budidaya sangatlah mudah didapat seperti bambu dan benang ris, tali tambang, perahu dan jaring, ukurannya berbeda-beda dengan tali tambang yang berukuran 9 mm (sebagai tali utama). Tali tambang 4mm (sebagai tali kedua). Tali tambang untuk mengikat rumput laut. Patok bambu/kayu dan pemberat batu karang (sebagai jangkar), pisau perahu.
Umur panen untuk rumput laut adalah sekitar 45 hari sudah siap di panen. Menurut pak Asmawi hasil panen dapat menmcapai 5- 7  ton. Namun dalam saat penanaman selalun di temukan hambatn seperti air kotor, golombang yang tinggi yang dapat merusak rumput laut dan adanya angin barat daya yang kurang baik untuk proses penanaman rumput laut. Terkadang  pada musim kemarau ada penyakit menyerang rumput laut itu pun salah satu menjadi penghambat. 
            Dari hasil wawancara dengan bapak Asmawi di ketahui bahwa rumput laut memiliki nilai jual yang tinggi karena permintaan pun cukup banyak. Hasil panen rumput laut dijual ke pabrik-pabrik, dan dikirim keluar kota serang salah satunya adalah lampung. Menurut pak Asmawi pun kelompok pembudidaya rumput laut di daerah lontar ini sudah mencapai 200 kelompok yang kebetulan diketuai oleh bapak Asmawi sendiri.  

4.2 Pembahasan
a.  Budidaya Rumput Laut
Sebelum melakukan budidaya rumput laut sebaiknya memilih lokasi untuk mengetahui layak atau tidaknya lokasi, terutama pergerakan arusnya. Setelah itu membuat perlindungan untuk menahan gelombang yang tinggi. Lokasi perairan budaya rumput laut memerlukan suhu perairan ± 25º C dengan kedalaman 50 cm agar tidak terkena sinar matahari.
Untuk bibit rumput laut diperoleh dari rumput laut yang telah ditanam selama 25-30 hari, dipilih ujung thallus yang runcing dan halus. Ditanam mulai tanggal 30, Saat mau menanam harus memerlukan 2 lokasi, yang lokasi pertama kosong dan lokasi kedua untuk ditanam rumput laut.
Peralatan yang digunakan dalam budidaya rumput laut adalah bambu di bentuk persegi dengan ukuran 40 x 40 m, dan tali untuk menjadi tambang utama.
  Teknis Budidaya yang digunakan oleh nelayan rumput laut di Desa Lontar adalah metode lepas dasar. Perawatan yang dilakukan adalah ombak, pengontrolan tiga hari sekali untuk melihat ada kotoran yang menempel pada rumput laut atau tidak. Karena bila terdapat kotoran hingga menempel pada rumput laut bisa menyebabkan penyakit pada rumput laut, misalnya penyakit bulu batu. Jika pertumbuhannya bagus tidak ada kotoran pengontrolan tidak perlu dilakukan. Umur panen selama 45 hari dengan berat 1 ikatan sakitar 4-5 ons hal itu disesuaikan dengan pertumbuhan rumput laut. Sedangkan untuk pembibitan sebaiknya 1 kg untuk 1 ikat menjadi satu ons. Analisis usaha yang dilakukan adalah menjadi pusat Pelatihan Mandiri Kelautan Perikanan agar masyarakat tidak ada yang menganggur.
b. Penanganan Pada Saat Panen
            Tahap-tahap penanganan pada saaat panen adalah dengan cara penjadwalan. Cara penjadwalan dilakukan untuk menghindari umur rumput laut yang masih muda agar hasinya bagus saat ditangan konsumen  itu dicuci hingga bersih, difermentasi selama tiga hari, kemudian cuci kembali rumput laut, aduk dengan air kapur kemudian jemur di bawah sinar matahari.
Kendala penanganan saat panen adalah ketike air laut pasang maka panen ditunda dan ketika dipabrik karena mereka menguji rumput laut yang mana yang bagus dan mana yang tidak.
c. Penanganan Pasca Panen
Melakukan pasca panen ini dilakukan ditempat dan langsung dijual kepada pengepul, sesudah dijual, diolah oleh pengepul mulai dari perawatan, pencucian, perendaman, dan penjemuran sampai dengan produksi, di lakukan oleh Pak Asmawi dengan para karyawannya. Dengan sekali panen mencapai 2 ton sampai dengan 5 ton.
d. Pengolahan Produk Rumput Laut
            Jenis produk yang di produksi adalah olahan dodol rumput laut, bahan baku ynag digunakan rumput laut tawar yang dikeringkan. Bahan tambahan yang digunakan adalah tepung ketan dan vanili untuk menghilangkan bau pada rumput laut. Tahapan proses produksinya adalah rumput laut dicuci bersih, rebus denan air mendidih haluskan sampai lembut kemudian aduk-aduk rumput laut agar tidak gosong. Campurkan dengan tepung ketan. Setelah itu dinginkan dan siap dikemas. Harga produk dodol rumput laut Rp. 5000,00/pack isi 10 dodol. Pemasaran produk ke daerah Lontar, Serang, Cilegon, dan Tanggerang.












BAB 5
KESIMPULAN DAN SARAN

5.1 Kesimpulan
Dari observasi lapangan mata kuliah komoditas dan penanganan  hasil perairan tentang teknik budidaya di lontar serang adalah jenis rumput laut yang di budidaya adalah rumput laut Echeuma cottonii, metode yang digunakan adalah metode Longline yaitu metode menggunakan bambu dan tali panjang dan metode apung yaitu menggunakan pelampung atau kompan.
Rumput laut dipanen setelah 40-45 hari penanaman dan untuk bibi hanya sampai 25 hari jika lebih Dari 25 hari rumput laut tidak dapat di jadikan bibit. Hasil panen rumput laut dijual ke pabrik-pabrik sampe kluar kota seperti lampung, rumput laut yang dijual berupa rumput laut kering yang sudah di jemur. Didaerah lontar pembudidaya rumput laut sudah mencapai 200 kelompok.
            Hasil pengolahan produk rumput laut adalah dodol rumput laut yang akan dipasarkan ke daerah serang bahkan luar kota. Dalam pembudidayan rumput laut sering dijumpai hambatan berupa gelombang yang tinggi dan adanya penyakit yang menyerang rumput laut pada saat musim kemarau.

5.2 Saran
Untuk pembudidaya rumput laut lebih meningkatkan kualitas rumput laut agar permintaan tidak menurun. Untuk pemerintah sering lakukan pengontrolan dan penyuluhan kepada para petani rumput laut agar rumput laut yang dihasilkan ttetapmberkualitas dan permintan tetap tinggi.




                                   DAFTAR PUSTAKA










Tidak ada komentar:

Posting Komentar