Senin, 26 Mei 2014

PEMINDAHAN BIAKAN BAKTERI DARI AGAR MIRING KE AGAR MIRING

PEMINDAHAN BIAKAN BAKTERI DARI AGAR MIRING KE AGAR MIRING
OLEH
DENI SAPUTRA
4443110373
JURUSAN PERIKANAN FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
2 0 1 3

ABSTRAK
Telah dilakukan pemindahan biakan bakteri dari agar miring ke agar miring terhadap sampel usus ikan daging ikan dan insang ikan, dengan media TSA (Tryptic Soy Agar)  pada 26 April 2013 di Laboratorium teknologi pengolahan hasil perikanan Jurusan Perikanan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Metode yang digunakan yaitu media agar miringPemindahan biakan bakteri merupakan suatu cara untuk memisahkan atau memindahkan mikroba tertentu dari lingkungannya sehingga diperoleh kultur murni atau biakan murni. Tujuan praktikum isolasi bakteri dari usus ikan adalah untuk mempelajari cara memindahkan biakan bakteri dari usus  dengan metode media agar miring serta mengamati  koloni bakteri tumbuh.
Kata kunci : Koloni, Media agar miring, Pemindahan Biakan bakteri, TSA.

PENDAHULUAN
Setiap mikroorganisme memerlukan nutrisi yang berbeda-beda untuk pertumbuhannya. Karakteristik pertumbuhan mikroorganisme inilah yang menyebabkan bermacam-macamnya media penunjang pertumbuhan mikroba. Pengetahuan tentang nutrisi ini penting dalam membantu persiapan medium tumbuh mikroorganisme tersebut. Melalui media pertumbuhan dapat dilakukan isolasi mikroorganisme menjadi kultur murni dan juga memanipulasi komposisi media pertumbuhannya.
Kegiatan menumbuhkan mikroorganisme dalam suatu medium memerlukan serangkaian persiapan yang baik. Kegiatan tersebut dapat berupa persiapan alat maupun persiapan medium yang akan digunakan dalam menumbuhkan mikroorganisme. Kegiatan mempersiapkan alat memerlukan suatu ketelatenan khusus agar alat-alat yang akan digunakan tidak terkontaminasi (dalam keadaan steril). Sedangkan kegiatan pembuatan medium penting agar kita bisa menumbuhkan mikroba yang kita inginkan.

METODOLOGI
Praktikum Mikrobiologi dengan materi Pemindahan biakan bakteri dilaksanakan pada hari jumat, 26 April 2013 mulai pukul 15.3018.00 WIB di Laboraturium teknologi pengolahan hasil perikanan Jurusan Perikanan Fakultas Pertanian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Alat-alat yang digunakan dalam praktikum mikrobiologi mengenai pemindahan biakan bakteri terdiri dari tabung reaksi, rak tabung reaksi,korek gas, burcen, batang ose, kapas, dan alkohol 70%. Dan bahan yang digunakan untuk mengisolasi bakteri yaitu dengan menggunakan media TSA (Tryptic Soy Agar), serta biakan bakteri usus ikan.
            Prosedur dalam praktikum isolasi bakteri yaitu dengan cara menggunakan metode cawan tuang, sebagai berikut :
Isolasi bakteri

Gores media dengan sampel

Tutup dan panas kan

Tutup dengan cling warp


KESIMPULAN
            Kesimpulan dari kegiatan praktikum pemindahan biakan bakteri ini yaitu, Biakan mikroba tumbuh pada media yang diletakan miring di dalam tabung. Dengan demikian pemindahan biakan mikroba berlangsung secara aseptik. Adapun diketahui bahwa mikroorganisme dapat ditumbuhkan pada suatu media khususnya media agar.

DAFTAR PUSTAKA

Dwidjoseputro. 1964. Dasar – dasar Mikrobiologi. Jakarta : Djambatan

Hadioetomo, RS. 1993. Mikrobiologi dasar dalam praktek: Teknik dan prosedur dasar laboratorium. Gramedia pustaka utama. Jakarta.

Suriawiria, U. 2005. Mikrobiologi dasar. Papas Sinar Sinanti, Jakarta

Zubaidah, Elok. 2006. Mikrobiologi umum. Universitas Brawijaya. Malang

LAMPIRAN
    
                   Alat dan bahan                                 proses pembakaran batang ose
    
   seriap proses harus dekat dengan burcen      Proses pengambilan biakan bakteri     
                       


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar